Di era milenial seperti sekarang, desain kemasan dan branding suatu produk merupakan hal yang sangat penting, Anda tidak lagi bersaing secara kecil-kecilan, namun hampir semua orang kini menjadi pengusaha, entah itu pengusaha UKM atau pengusaha lainnya. Karena banyaknya produk di luar sana, Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan memiliki keunggulan sehingga dapat menjadi sebuah pilihan utama bagi para konsumen dan calon konsumen. Faktor-faktor yang menjadikan produk Anda unggul ialah namanya, kemasannya, harganya, isinya, serta beberapa faktor lainnya.
Pengertian Desain Kemasan
Desain kemasan produk adalah suatu usaha untuk menampilkan kreatifitas di dalam kemasan dengan cara menambahkan gambar, warna, teks dan keterangan sebuah produk. Semua komponen itu disusun agar menjadi sebuah desain yang dapat menunjukkan identitas produk tersebut.
Kegunaan Desain Kemasan
Fungi desain kemasan ialah untuk menarik minat konsumen. Kemasan suatu produk itu bukan sekedar hiasan, namun mampu mempengaruhi segala hal mengenai produk Anda. Diterima tidaknya produk Anda oleh konsumen, diterima tidaknya produk oleh toko-toko yang ingin Anda jajah dengan produk Anda. Semua ini dapat bergantung pada bentuk kemasan produk Anda. Sehingga desain dus, branding dan promosi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Ide Desain Kemasan
Untuk menentukan ide kemasan, Anda dapat memilih identitas produk produk terlebih dulu. Misalnya tentang pemakaian warna, teks dan ilustrasi sesuai dengan target pasarnya. Anda juga dapat menggunakan jasa desain packaging hingga jasa cetak kemasan produk. Maka tidak ada alasan untuk tidak memperhatikan dan mengeluarkan usaha lebih untuk desain dus kemasan produk Anda.
Nah, ada lima hal wajib yang patut ada dalam desain packaging produk untuk branding dan promosi, ialah:
- Desain produk harus memiliki keunikan yang mampu menjadi pembeda dengan produk-produk pesaing,
- Desain dus harus memiliki kemampuan untuk ditampilkan. Dengan kata lain kemasan harus memiliki unsur estetik,
- Desain box harus mengikutsertakan nama produk, logo, ciri khas, dan informasi mengenai produk dan produsen.
- Desain kotak harus efisien, mudah dan nyaman dibawa dan dipegang,
- Desain kemasan harus jelas. Desain kardus baiknya menggunakan warna dan bahan yang tidak mengganggu konsumen secara sosial dan atau psikologis.
Meskipun begitu, pastikan bahwa Anda tidak memilih kemasan yang terlampau mahal sehingga produk Anda pun menjadi overpriced.
Contoh Desain Kemasan Produk
Beda Dari yang Lain
Sesuatu yang mencolok akan menarik perhatian lebih. Jadi, mulailah memodifikasi bentuk umum suatu kemasan. Selain itu, mengganti bahan baku dengan memanfaatkan sumber daya alam juga ide bagus.
Menonjolkan Produk dengan Kemasan Sederhana
Dus kemasan unik memang bisa menaikkan nilai jual, karena kesan pertama yang berkesan. Namun, tidak mengesampingkan nilai makanan itu sendiri bisa dilakukan untuk mendapatkan penampilan keren.
Ciptakan Suasana yang Menyenangkan
Secara psikologis, ungkapan fresh from the oven mampu menambah nafsu makan seseorang, karena kudapan itu masih memiliki kelezatan maksimal. Bermula dari sini, terapkan dus kemasan unik bergambar oven untuk mengemas produk kue
Kini pun Anda dapat menggunakan jasa desain kemasan hingga jasa cetak kemasan produk. Maka tidak ada alasan untuk tidak memperhatikan dan mengeluarkan usaha lebih untuk desain dus kemasan produk Anda. Gopack.id menyediakan jasa pembuatan kardus Jogja yang menawarkan gratis desain bagi Anda yang ingin cetak kemasan produk, pengemasan produk, kemasan makanan unik, berbagai bahan kemasan dari jenis-jenis kemasan yang ada.